Miniatur bangunan adalah bentuk tiga dimensi yang meniru bentuk bangunan dengan skala tertentu. Miniatur berguna untuk memvisualisasikan bnagunan dalam bentuk tiga dimensi yang akan membantu para pengembang bangunan dan para konsumen untuk mendapatkan bangunan yang sesuai dengan keinginan. Salah satu miniatur bangunan yang biasa dibuat adalah miniatur bangunan rumah. Dalam membuat sebuah miniatur rumah, hal terdahulu yang perlu diperhatikan adalah mengenal bagian dasar sebuah rumah. Tahap selanjutnya adalah mengidentifikasi bahan- bahan dan alat- alat yang dibutuhkan untuk membuat miniatur tersebut. Setelah itu baru membuat sebuah miniatur dengan memerhatikan prosedur pembuatan dan keselamatan kerja  serta potensi yang ada dilingkaungan sekitar.

Bagian- bagian miniatur bangunan rumah terdiri dari bagian- bagian dasar rumah, bagian tengah rumah, dan bagian atas atau penutup rumah. Berikut merupakan uraian dari bagian- bagian tersebut.

  1. Bagian bawah atau dasar

Bagian dasar rumah terletak paling dasar atau bisa juga disebut lantai. Lantai dari sebuah rumah bisa saja terbuat dari berbagai macam bahan seperti tanah, keramik, kayu, dan lain sebagainya. Bahan yang dipilih tergantung dari keinginan sang pemilik rumah.

  1. Bagian tengah atau ruangan rumah

Bagian ini terletak di tengah bagian rumah. Bagian ini terdiri dari dinding, pintu, jendela, dan ruangang. Idealnya rumah memiliki 5 ruangan yaitu ruang tamu, kamar tidur, ruang keluarga, kamar mandi, dan dapur.

  1. Bagian atas atau penutup rumah

Model dan bahan untuk penutup rumah harus kuat dan kokoh karena berfungsi untuk melindungi rumah bagian bawah, menahan radiasi panas berlebih, melindungi dari hujan dan menghambat pergerakan angin. Bagian atas sebuah rumah biasanya terdiri dari atap, ring balok, plafon, konsol, selasar, dan pergola.

Bagian- bagian miniatur bangunan rumah tersebut memiliki fungsinya masing- masing yang apabila satu saja bagian tidak ada maka tidak akan tercipta bangunan rumah. Jadi dalam membuat miniatur rumah harus ada tiga bagian penting tersebut. Untuk membuat miniatur selain bangunan rumah maka harus menyesuaikan juga.