Akses transportasi yang begitu banyak dibutuhkan, menjadikan para pihak yang bekerja dalam bidang perhubungan ini menyediakan kemudahan terhadap segala akses transportasi. Baik itu akses udara, darat, maupun air. Begitu pula semakin banyaknya SDM yang mampu menciptakan sebuah teknologi baru yang bermanfaat dibidang transportasi ini, dan salah satunya adalah pesawat terbang. Dengan ukuran yang begitu besar dan berat tentunya pesawat ini tidak bisa mendarat atau melakukan landas dimananpun. Dibutuhkan landasan yang menyediakan area cukup luas, maka dari itu dibuatlah sebuah bandara yang sekarang ini bisa dinikmati oleh semua orang. Sebelum membangun sebuah bandara pihak-pihak perhubungan tentunya telah bekerja sama dengan para kontraktor. Tugas utama dari kontraktor ini tentunya membuat desain atau sketsa yang diinginkan oleh penguna jasa, dan bentuk nyata dari sebuah desain biasanya dengan maket bandara.

 

Maket bandara merupakan diorama/miniatur/perwujudan mini dari sebuah pelabuhan udara dimana segala aktivitas penerbangan berlangsung. Maketini biasanya dipajang di dalam bangunan utama bandara itu sendiri. Selain untuk mempercantik ruangan,  maket bandara juga dapat membantu para calon penumpang pesawat untuk mencari lokasi terminal pesawat mereka.

Maket bandara yang berkualitas baik tidak hanya merepresentasikan bangunan utama serta landasan pacunya saja,  tetapi juga menyertakan segala prasarana dan juga sarana yang ada di dalamnya dengan apik.  Tidak hanya itu,  maket bisa dibilang profesional jika juga menampilkan berbagai macam fasilitas bandara mulai dari sisi udara(air side) hingga ke sisi darat (landside). Masing-masing sisi tersebut menampilkan berbagai macam fasilitas sarana dan prasarana bandara udara.  Maket yang baik akan memperlihatkan semua sisi-sisi bandara secara detail dan rinci tanpa ada yang terlewat. Sebagai alat komunikasi paling mudah bagi orang awan yang belum memahami begitu dalam tentang arsitektur sehinggan menjadikan maket ini lebih banyak dipilih penggunaannya dibandingan dengan media gambar. Pihak penjual tentu akan lebih mudah menjelaskan denagn adanya sebuah maket. Serta bentuk 3D yang ditawarkan lebih manarik para pembeli untuk melihat lebih jelas dengan desain maket yang ditawarkan.