Banyak sekalai kegunaan-kegunaan dari dibuatnya sebuah maket, tentu saja dengan tujuan yang bisa bermanfaaat bagi pihal yang memiliki maket tersebut. tidak hanya orag-orang yang belum berengalam dalam hal sketa, banguna, desain saja yang menggunakan jasa pembuatan maket, namun juga banyak arsitek yang masih baru dalam bidang ini mencari ilmu kepada mereka-mereka para penyedia jasa pembuatan maket. Maket architecture tentu sangat dibutuhkan tidak hanya ketika dalam masa pendidikan, tetapi lebih penting lagi jika sudah terjun langsung untuk membuat desain yang dibutuhkan oleh orang-orang pengguna jasa arsitek.

 

Manfaat dari sebuah maket bagi para arsitek diantaranya sebagai mendia termudah dalam mengkomunikasikan terkait desain atau hal-hal yang telah dibuat kepada pihak yang menginginan dan menggunakan jasa kita. Selain itu pihak yang akan menerima pemaparan dari kita-pun akan dengan mudah memahami setipa apa yang kita sampaikan. Dengan adanay bukti nyata melalui maket jika tidak disengaja terjadinya ketidaksesuaian dengan apa yang dinginginkan pengguna jasa, maka pihak tersebut bisa melakukan komplain dengan jaminan perbaikan maupun pengembalian biaya jika sudah ada kesepakatan terlebih dahulu sebelum proyek terjadi. Maket architecture menjadi tugas yang paling banyak dihadap oleh mereka-mereka yang memilih jururan pendidikan arsitek. Mungkin sebagian orang mengatakan cita pendidikan arsitek ini begitu menyulitan dan dituntut untuk selalu menciptakan ide-ide kreatif dalam membauat desain bangunan. Namun bagi mereka-mereka yang dari awal telah menyukai dan hobi dalam bidang tersebut tugas dan tuntutan sebesar dan seberat apapun tentu terlihat cukup mudah

Nah berbicara mengenai maket architecture ini ternyata para mahasiswa yang mengambil kuliah arsitek ini dituntut untuk mempelajari dua hal yaitu miniatur miniatur dan juga maket. Maket dan miniatur studi digunakan oleh mahasiswa desain arsitek / arsitektur bangunan bersangkutan untuk mempelajari hal-hal dalam membuat model rumah (miniatur rumah) yang lebih jelas ditampilkan secara 3 dimensi. Miniatur maupun maket ini biasanya dibuat dengan bahan-bahan sederhana dengan baiaya pengeluaran yang tidak terlalu banyak karena hanya ditujukan untuk diri sendiri (dan mungkin dosen pembimbing)